TINGKATKAN MUTU DOSEN KEPALA LP3M STIH PAINAN TURUN GUNUNG

Serang, Pena STIH Painan

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Painan Banten (STIH Painan), Berdasarkan laporan LPPM tentang penelitian, pengabdian dan pengajaran (pembuatan RPS) masih ada dosen yang belum melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai yang dicanangkan. Meski berada dalam posisi cukup baik dengan akreditasi “B” tidak lantas STIH Painan berdiam diri meningkatkan mutu dosen sehingga menghasilkan pendidikan bermutu, berdaya saing selaras selogan Unggul, Beda, Berkarakter.

Berangkat dari hal tersebut, Lembaga Pengembangan Pendidikan Penjaminan Mutu (LP3M) menyelenggarakan pembekalan bagi dosen pada acara penyerahan SK jafung dan inpassing dosen tetap Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Painan, dengan mengusung tema “Mulianya Jadi Dosen”, pada Sabtu (20/06) di gedung pertemuan, STIH Paianan. Pembekalan diikuti dosen penerima SK, sebagian besar dosen muda yang sedang menempuh program doktor hukum baik pembiayaan mandiri ataupun beasiswa. 

Pembekalan Dosen Muda Dalam Penyerahan SK Jafung dan Inpassing “Mulianya Jadi Dosen”.

Narasumber diisi langsung Ketua LP3M STIH Painan, yakni Prof. Dr. Sudadio, M,Pd. Kesempatan itu, Ketua LP3M menyampaikan materi berkaitan peran dosen. Ada beberapa poin penting yang disampaikan kepada peserta, diantaranya; Pertama, dosen harus mempunyai kompetensi ilmu sehingga pembelajaran tersampaikan dengan baik dan lulusan bisa berdaya saing sesuai visi, misi institusi, program studi maupun kurikulum. Kedua, dalam pengajaran dosen harus memiliki style (identitas) sebagai pendidik baik etitut dalam berpakaian, berbicara. Ketiga, profesi dosen melekat pada diri dan lembaga, sehingga dosen memiliki sense of belonging terhadap perguruan tinggi, dengan berkarya menghasilkan tulisan, baik berbentuk jurnal, penelitian dimana hasilnya bermanfaat bagi pengguna. Keempat, Produktifitas dosen pada Tri Dhrama Pengabdian secara konsisten dan continunitas dosen akan dapat jabatan fungsional guru besar, professor dalam kurun waktu 6 tahun. Diahkir pembekalan “esensi tugas  dosen bukan hanya mengajar saja”. Ujarnya.

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *